B4T – System Certification (B4T – SC) adalah suatu lembaga sertifikasi di B4T yang memberikan layanan jasa sertifikasi sistem manajemem mutu ISO 9001:2008,  ISO 9001:2015, sistem manajemen lingkungan ISO 14001:2004, ISO 14001:2015 kepada perusahaan Swasta, BUMN, dan organisasi penyedia pelayanan publik instansi pemerintah  melalui kegiatan penilaian penerapan sistem manajemen, dan sekaligus memberikan hasil nilai positif kepada perusahaan yang berguna untuk mengadakan perbaikan secara menyeluruh dalam rangka mencapai tujuan perusahaan dengan kinerja proses yang lebih efektif dan efisien serta akan diperoleh keuntungan lain oleh perusahaan yaitu kepastian mutu dan kepuasan pelanggan.

 

B4T – SC adalah lembaga sertifikasi sistem mutu pertama di Indonesia yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yaitu sejak tahun 1994, dengan nomor akreditasi LSSM-IDN-001. B4T – SC sebagai lembaga sertifikasi sistem manajemen lingkungan diakreditasi oleh KAN sejak tahun 2007, dengan nomor akreditasi LSSML-IDN-006.

 

B4T – SC telah diakui internasional melalui kesepakatan yang dinyatakan dalan Pacific Accreditation Forum (IAF), penandatanganan Multilateral Recognition Arrangement (MRA) untuk sistem manajemen mutu sejak tahun 2000, Negara yang terlibat adalah USA, Australia, New Zealand, Singapore, Japan, Canada, Thailand, RRC, Taiwan/China Taipe, Europe dan sebagainya.

 

Komitmen Layanan Sertifikasi

  • Transparan
  • Objektif
  • Profesional
  • Tepat dan tanggap
  • Mengutamakan kepuasan pelanggan
  • Tidak berpihak dan bebas dari konflik kepentingan

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Sertifikasi B4T

  • Sertifikasi ISO 9001:2008 dan ISO 14001:2004 B4T – SC diakui di wilayah Asia Pacific
  • Survailen atau pengawasan sertifikat dapat dilakukan setahun sekali
  • B4T – SC memberikan briefing prosedur/alur proses sertifikasi secara cuma-cuma
  • Menggunakan auditor dan tenaga ahli yang kompeten untuk berbagai sector industry serta berkualifikasi nasional dan internasional
  • Biaya sertifikasi lebih kompetitif
  • Sebagai lembaga sertifikasi yang berada di lingkungan Kementerian Perindustrian

 

Pelanggan

Banyak perusahaan dari berbagai sektor industry telah percaya menggunakan jasa sertifikasi B4T-SC baik perusahaan swasta maupun pemerintah seperti: Perusahaan swasta dalam sector Industri; logam, kimia, elektronik, informasi, otomotif dan transportasi mesin konstruksi, pipa, jasa engineering, dsb.

 

Lingkup Sertifikasi

Sesuai dengan lingkup akreditasi dari KAN, B4T – SC memiliki lingkup sertifikasi seperti diuraikan di bawah ini:

  • Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 berlaku untuk perusahaan atau organisasi yang bergerak dalam bidang berikut ini:
    1. Bahan kimia, produk kimia dan serat (sector 12)
    2. Produk karet dan plastic (sector 14)
    3. Beton, semen, gips dll (sector 16)
    4. Logam dasar dan produk dari logam (sector 17)
    5. Mesin dan peralatan (sector 18)
    6. Peralatan listrik dan optic (sector 19)
    7. Peralatan transportasi (sector 22)
    8. Konstruksi (sector 28)
    9. Perdagangan grosir dan eceran, reparasi kendaraan bermotor dan barang kebutuhan rumah tangga (sector 29)
    10. Teknologi informasi (sector 33)
    11. Jasa engineering (sector 34)
    12. Jasa Lain (sector 35)
    13. Administrasi umum (sector 36)

 

  • Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2004 berlaku untuk perusahaan atau organisasi yang bergerak dalam bidang berikut ini:
    1. Bahan kimia, produk kimia dan serat (sector 12)
    2. Produk karet dan plastic (sector 14)
    3. Beton, semen, gips dll (sector 16)
    4. Logam dasar dan produk dari logam (sector 17)
    5. Mesin dan peralatan (sector 18)
    6. Peralatan listrik dan optic (sector 19)
    7. Peralatan transportasi (sector 22)
    8. Konstruksi (sector 28)
    9. Jasa engineering (sector 34)

 

Pemeliharaan Sertifikasi

Selama kurun waktu tiga tahun (masa beraku sertifikat), B4T – SC akan melakukan audit ke lokasi perusahaan melalui kunjungan survailen minimal satu kali dalam setahun terhitung sejak hari terakhir audit tahap 2.

Audit ini bertujuan untuk membuktikan konsistensi dan kemajuan serta komitmennya terhadap implementasi sistem manajemen di organisasi pemohon. Pengaturan dan rencana kunjungan survailen akan ditetapkan oleh B4T – SC).

 

Re-Sertifikasi

Re-sertifikasi akan dilakukan minimal dua bulan sebelum masa berlaku sertifikat berakhir. Proses re-sertifikasi sama dengan proses sertifikasi awal mulai dari permohonan re-sertifikasi, penerbitan kontrak, audit tahap satu (audit tahap satu dilakukan jika ada perubahan dalam sistem manajemen pemohon), audit tahap dua, evaluasi dan penerbitan sertifikat.

 

Prosedur & Aplikasi

Syarat dan Aturan Sertifikasi :

Unduh Syarat dan Aturan Sertifikasi

 

Formulir Aplikasi :

Unduh Formulir Aplikasi Sertifikasi

 

Direktori Pelanggan

 

Pelanggan ISO 9001

 

Pelanggan ISO 14001

 

KEBIJAKAN MUTU B4T-SC

 

KETIDAKBERPIHAKAN B4T-SC

 

 

Matriks Mekanisme Keluhan dan Banding

 

Data Klien LSSM-001-IDN 21 April 2017
Data Klien LSSM-001-IDN 21 April 2017
Data-Klien-LSSM-001-IDN_21_April_2017.pdf
338.6 KiB
143 Downloads
Details...