Penyelenggara Uji Profisiensi

Banjirnya berbagai macam produk yang menumbuhkan daya saing di pasar nasional menuntut adanya penjaminan mutu suatu produk yang sesuai dengan persyaratan standar yang ditetapkan, memiliki peran suatu pengujian dengan akurasi yang sesuai. Sehingga unjuk pengujian yang memiliki akurasi sangat diperlukan karena akan menggambarkan kompetensi sutu lembaga atau laboratorium yang melakukan pengujian tersebut.

Salah satu untuk mengetahui kompetensi atau unjuk kerja suatu laboratorium adalah melalui partisipasi dalam program uji profisensi laboratorium. Keikutsertaan pada program uji profisiensi akan membantu laboratorium dalam meningkatkan performancenya terhadap layanan yang akurat dan presisi.

Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T), merupakan institusi di bawah Kementerian Perindustrian telah lama memfasilitasi laboratorium di seluruh Indonesia dalam menjamin mutu hasil pengujian melalui program uji profisiensi laboratorium sebagai penyelenggara yang sesuai dengan standar internasiona. Sejak tahun 2013, penyelenggara uji profisiensi laboratorium B4T telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional dengan nomor PUP-002-IND.

Sampai saat ini, penyelenggaraan uji profisiensi laboratorium telah diikuti oleh lebih dari 30 laboratorium baik institusi swasta, BUMN dan pemerintah yang berasal dari dalam negeri dan dari luar negeri.

Penyelenggaraan uji profisiensi yang telah diselenggarakan oleh B4T adalah untuk pengujian komoditi semen, klinker, beton, ban, logam ataupun pengujian lain yang diperlukan oleh industri.