APLIKASI TEKNOLOGI PROSES BATERAI ION LITHIUM UNTUK INDUSTRI ELEKTRONIKA

Kebutuhan baterai ion litium di dalam negeri semakin meningkat untuk penggunaan pada telepon genggam, laptop, power bank dan lainnya yang sampai saat ini masih diimpor dari luar negeri. Oleh karena itu Pemerintah melalui kementerian Perindustrian mendorong industri elektronika dalam negeri agar berupaya untuk membuat baterai ion litium.

Berdasar pada kebijkan pemerinta tersebut, dilakukan kegiatan penelitian dalam rangka menghasilkan teknologi proses pembuatan baterai ion litium yang dapat di terapkan di industri elektronika.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan hasil penelitian berupa teknologi proses pembuatan sistem baterai ion litium pada industri elektronika dalam negeri, start-up dan industri yang memulai kegiatan R&D pada teknologi baterai ion litium.

Keluaran dari kegiatan ini adalah desain dan prototipe baterai ion litium, teknik proses produksi, sumber daya manusia industri yang kompeten, dan tumbuhnya wirausaha baru (industri start-up).

Metode pelaksanaan kegiatan adalah desain dan pembuatan sel-sel baterai ion litium sesuai persyaratan dan desain, analisis studi uji, dan diseminasi.

Leave a Comment