DAUR ULANG LIMBAH BATERAI ION LITHIUM

Meningkatnya kebutuhan baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia  menjadi perhatian kita bersama, hal ini dikarenakan minimnya sumber bahan baku baterai yang berasal dari Indonesia. Salah satu bahan baku baterai kendaraan listrik adalah litium yang didapat dengan cara impor.

Dengan penelitian ini akan didapatkan metode yang tepat untuk proses daur ulang limbah baterai ion litium sehingga limbah tersebut dapat digunakan kembali sebagai bahan baku baterai ion litium.

Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah limbah baterai dan ketergantungan impor bahan litium karena dapat menggunakan bahan baterai dari hasil proses daur ulang, dengan demikian dapat mengurangi limbah baterai dan menumbuhkan usaha kecil menengan pengolah limbah baterai.

Tahapan penelitian yang akan dilakukan adalah pemisahan awal atau proses pretreatment yang mencakup discharging, dismantling dan separating. Hasil penelitian ini berupa teknologi daur ulang limbah baterai ion litium dapat diterapkan pada industri motor listrik  dalam negeri.

Leave a Comment