PASIR SILIKA LOKAL DAPAT MENGGANTIKAN PASIR OTTAWA IMPOR

Pasir silika lokal dari Sulawesi berpotensi untuk dapat digunakan sebagai bahan bantu dalam pengujian mutu semen yang selama ini menggunakan pasir Ottawa yang diimpor dari luar negeri.

Dengan melakukan penelitian ini diharapkan akan dihasilkan karakteristik pasir silika lokal yang memenuhi persyaratan pasir standar dan dapat diproduksi oleh industri skala kecil di dalam negeri khusunya disekitar Provinsi Sulawesi.

Melakukan uji coba pengujian semen dengan pasir hasil produksi di laboratorium industri semen, karakterisasi pasir standar, penetapan  kuantitas terukur pasir  dan rancangan spesifikasi pasir standar nasional.

Hasil uji kuat tekan di laboratorium penguji (industri) menghasilkan hasil yang tidak berbeda signifikan antara pasir standar ottawa dan pasir hasil pengolahan. Karakter pasir hasil pengolahan memenuhi gradasi sesuai SNI 2049, dengan kadar SiO  86-90%, indeks kekerasan terhadap pasir Ottawa 0,9, perbedaan kandungan udara mortar 0,85-1,48%. Spesifikasi pasir standard yang dirancang adalah kadar SiO2 86-90%, mengandung dominan mineral quartz, andesine, dam sanidine, berasal dari daerah kabupaten Sidendreng Rappang,  perbedaan kandungan udara maksimal 1,5%, dan memenuhi peryaratan gradasi SNI 2049.

Cadangan terukur pasir silika yang berlokasi di kabupaten sidenreng Rappang sejumlah 2.373.748,76 Ton dan potensi dijadikan pasir standard dan mecukupi untuk 1977 tahun.

1 thought on “PASIR SILIKA LOKAL DAPAT MENGGANTIKAN PASIR OTTAWA IMPOR”

Leave a Comment