Pelaksanaan Ujian Akhir Welding Inspection Personel Angkatan Ke-96 di ATB-B4T

Senin, 5 April 2021

Pelatihan dan pendidikan personil yang unggul di bidang industry menjadi salah satu focus Badan Standarisasi Kebijakan dan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian dalam mencetak generasi industry unggul dan menuju Indonesia Negara industry tangguh 2030. Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) menjadi salah satu garda terdepan dalam memberikan pendidikan dan pelatihan di bidang industry serta berperan sebagai ATB (Authorized Training Body) untuk pelatihan Welding Inspection Personel.

Ujian akhir  yang diadakan dari 5-9 April 2021 ini merupakan salah satu rangkaian akhir dari kegiatan pelatihan dan sertifikasi Welding Inspection Personel (WIP) yang sudah berlansgung sejak bulan Januari. Peserta yang mengikuti diklat secara penuh berhak memperoleh Certificate of Attendance dan bagi yang lulus uji kualifikasi yang dilaksanakan bersama ANB berhak memperoleh Diploma kualifikasi profesional yang berlaku Internasional yang turut diterbitkan oleh International Institute of Welding, melalui IWS-ANB dan B4T selaku ATB.

Melalui diklat WIP ini diharapkan dapat mencetak tenaga Inspektur Las yang berkualifikasi mempunyai kompetensi dalam bidang inspeksi pengelasan (pada saat sebelum, selama dan sesudah pengelasan) untuk dapat menduduki jabatan “Welding Inspector“.

Tenaga pengajar pada diklat International Welding Inspector terdiri dari tenaga ahli indonesia yang telah berpengalaman mengajar, baik sebagai pengajar ataupun Counterpartpada diklat International Welding Engineer dan Internasional Welding Inpector angkatan sebelumnya yang berasal dari Perusahaan Industri manufaktur, Perguruan tinggi, pemakai produk manufaktur Lembaga litbang industri, Asosiasi Profesi, Personal Profesional dan B4T yang telah diakui kompetensi dan kredibilitasnya oleh ANB dalam skema European Welding Federation dan International Institute of  Welding.

Penulis: Rd. Anton Julianto Pramono

Editor: Silvia Gita

Leave a Comment